Android 12 Masih Versi Beta, Berikut Fitur Baru

Android 12 Masih Versi Beta, Berikut Fitur Baru

- Mei 19, 2021



Google secara resmi mengumumkan Android 12. Saat ini untuk pertama kalinya dalam versi beta.

Menurut keterangan tertulis dari Google, Android 12 menawarkan perubahan desain besar yang disebut Material You yang tersedia di perangkat Pixel dan juga bisa digunakan di perangkat lain.

Sameer Samat melaporkan ini secara tertulis resmi sebagai Wakil Presiden Manajemen Produk untuk Android dan Google Play. Android 12 menghadirkan perubahan yang lebih ekspresif, dinamis, dan lebih pribadi melalui warna, bentuk, cahaya, dan gerakan untuk memberikan pengalaman yang lebih dekat kepada pengguna.

Itulah mengapa Google menggabungkan pembaruan Android 12 beta dalam lima tema, termasuk personalisasi, gerakan halus dan animasi, ruang sistem yang lebih ringkas, serta desain ulang privasi dan keamanan.

Selain itu, melalui versi beta Android 12, Google bekerja untuk menyediakan fitur aksesibilitas yang disempurnakan yang mempermudah dan mempercepat para penyandang disabilitas dan tunanetra untuk mengakses perangkat mereka.


Personalisasi otomatis

Dengan personalisasi, pengguna cukup memilih wallpaper dan merasakan perubahan desain besar yang mungkin tampak buta pada pandangan pertama. Sistem kemudian secara otomatis menentukan warna mana yang paling dominan dan saling melengkapi agar terlihat bagus.

Saat dipilih oleh sistem, warna diterapkan di seluruh OS, termasuk bayangan pemberitahuan, layar kunci, kontrol volume, widget baru, informasi tentang fitur perangkat seperti WiFi, dan banyak lagi.


Gerakan dan animasi

Dengan pembaruan Android 12, gerakan dan animasi terasa semakin intuitif, membuat Anda merasa lebih hidup dan menyenangkan saat menggulir atau mengetuk layar perangkat Anda. Google mengklaim bahwa perangkat yang diberdayakan oleh Android 12 lebih cepat, lebih responsif, dan lebih hemat daya.

Hal ini disebabkan oleh beberapa perbaikan tersembunyi, seperti mengurangi waktu CPU yang diperlukan untuk layanan sistem inti hingga 22% dan mengurangi penggunaan inti besar-besaran oleh sistem hingga 15%. Dengan begitu, saat pengguna menghapus notifikasi, wallpaper akan menampilkan informasi jam yang terlihat lebih besar.


Ruang sistem yang lebih minimalis

Ruang sistem yang didesain ulang mencakup bayangan pemberitahuan, pengaturan cepat, dan tombol daya. Dengan pengaturan cepat, beberapa pengontrol tersedia di seluruh sistem operasi dengan satu gulir dan ketukan.

Perubahan ini akan muncul di Google Play dan Kontrol Rumah, yang secara langsung ditautkan ke Pengaturan Cepat. Pengguna dapat menekan dan menahan tombol daya untuk memanggil Asisten Google, membuka aplikasi, mengajukan pertanyaan.


Didesain ulang untuk privasi dan keamanan

Android 12 Beta menawarkan fitur baru yang menyediakan fitur berguna untuk mengatur dan memilih data pribadi yang dapat diakses oleh aplikasi tertentu yang diinstal pada perangkat Anda.

Misalnya, dasbor privasi modern menunjukkan bahwa pengguna telah menyetel izin untuk memantau data, frekuensi, dan aplikasi yang mereka akses. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk mencabut izin aplikasi langsung dari dasbor.

Di kanan atas bilah status juga ada indikator baru yang memberikan informasi tentang aplikasi yang sedang mengakses mikrofon atau kamera. Pengguna juga dapat menghapus akses aplikasi di seluruh sistem ke sensor, dan Google telah menambahkan dua tombol baru ke pengaturan cepatnya.

Dengan memperbarui pengaturan izin lokasi, Anda dapat mengatur aplikasi yang dibatasi, pengguna lain hanya dapat melihat perkiraan lokasi pengguna, seperti kota, dan alamat tidak ditampilkan secara detail. Perlu diingat bahwa Android 12 versi beta juga memperkenalkan Android Private Compute Core. Ini memungkinkan Google untuk menjaga keamanan informasi pribadi Anda dan mencegahnya menyebar.

Private Compute Core juga dapat mengaktifkan fitur lain seperti Live Caption, Now Playing, dan Smart Reply. Private Compute Core bekerja dengan memisahkan jaringan dari semua audio dan pemrosesan bahasa yang dilakukan di perangkat untuk menjaga privasi pengguna.

Advertisement