Google meluncurkan rilis stabil Android 11, hadir dengan sejumlah fitur baru

Google meluncurkan rilis stabil Android 11, hadir dengan sejumlah fitur baru

- April 15, 2021



 Google meluncurkan rilis stabil Android 11 pada 8 September 2020. Versi OS baru hadir dengan sejumlah fitur baru yang layak bersama dengan banyak penyesuaian, peningkatan, dan penambahan di bawah kap. Kami telah melihat sebagian besar dari ini di beta sebelumnya, tetapi sekarang saatnya untuk real deal. Ini adalah ulasan Android 11 kami.

 

Berbeda dengan beta, Anda dapat menginstal rilis stabil Android 11 di perangkat Pixel atau perangkat lain dengan akses yakin bahwa semuanya akan baik-baik saja. Beberapa orang telah melaporkan beberapa bug, tetapi tidak ada yang besar atau tersebar luas. Jika Anda mengalami masalah apa pun yang tidak dapat diselesaikan dengan mudah, kami menyarankan pengaturan ulang pabrik.

 

Kami membahas rilis Android 11 secara mendalam, jadi sebaiknya Anda membaca artikel berikut; mereka mencakup banyak hal yang tidak ingin kami bahas dalam ulasan lengkap Android 11 ini. Anda juga dapat melihat situs web resmi Android 11 untuk ikhtisar tentang fitur-fitur baru terbesar.

 

Apa yang baru di Android 11?



Android 11 menghadirkan beberapa fitur yang lebih besar, serta banyak penyesuaian, perubahan, dan tambahan yang lebih kecil. Namun, Google sangat ingin semua orang fokus pada tiga aspek besar: Orang, Kontrol, dan Privasi. Sebagian besar fitur Android 11 yang besar berkisar pada tiga konsep ini. Mari kita hancurkan.


 

Public

Android 10 sudah memisahkan notifikasi berdasarkan kategori. Android 11 menambahkan kategori Percakapan ke mana semua pesan Anda pergi. Tampaknya tidak termasuk email, tetapi berfungsi dengan Discord, Telegram, pesan teks, dan Snapchat selama pengujian kami. Idenya adalah bahwa pemberitahuan yang paling penting, yang umumnya datang dari orang sungguhan, melayang ke atas, sehingga Anda dapat menanggapinya tanpa menyortir semua pemberitahuan Anda yang lain.

Fitur lainnya adalah Gelembung. Fungsi ini telah didemonstrasikan di Android 10, tetapi sekarang tersedia di Android 11 dalam kemuliaan penuhnya. Sayangnya, hanya sekitar setengah dari aplikasi perpesanan saya yang dapat menggunakannya pada saat penulisan ini, tetapi fitur utama seperti itu sering kali memerlukan sedikit waktu bagi pengembang untuk berintegrasi. Gelembung bekerja persis seperti "kepala obrolan" Facebook Messenger - Anda mendapatkan gambar mini melingkar dari kontak Anda yang mengapung di atas layar Anda, sehingga mudah diakses setiap saat. Tidak banyak lagi yang perlu dibicarakan. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan Android 11 Bubbles di pengaturan.

 

Kontrol

Perubahan besar kedua Google adalah Kontrol. Ini sedikit lebih tersebar luas di seluruh OS dan, sejujurnya, ini adalah perubahan terbesar dari Android 10. Fitur utama Kontrol adalah perombakan total menu daya. Ini tidak hanya menampung opsi tangkapan layar, reboot, dan shutdown, tetapi juga pintasan untuk Google Pay dan secara harfiah semua teknologi rumah pintar Anda (jika Anda punya).


Ada juga bit-bit kecil yang terkait dengan tema Kontrol di seluruh OS. Mendapatkan riwayat pemberitahuan Anda jauh lebih mudah berkat tombol baru di bagian bawah bayangan pemberitahuan. Sebaliknya, kontrol media dipindahkan ke Pengaturan Cepat alih-alih nongkrong di area pemberitahuan. Anda dapat dengan mudah menggeser di antara beberapa aplikasi media, jeda, putar, dan ada fungsi untuk menyesuaikan volume atau mengubah sumber (dari Bluetooth ke speaker telepon, misalnya).


Privasi

Terakhir, mari kita bahas tentang aspek Privasi. Dorongan besar Google dalam privasi tahun ini adalah tentang izin. Untuk memulai, Anda sekarang dapat mengizinkan aplikasi memiliki izin untuk penggunaan tunggal. Anda menggunakan aplikasi dengan izin, dan saat Anda membukanya lagi, aplikasi harus memintanya lagi. Ini adalah fitur privasi besar untuk pengguna di Android 11 dan saya yakin banyak orang akan menghargainya.


Namun, ini lebih dalam dari itu. Android 11 secara otomatis mencabut izin untuk aplikasi yang tidak terlalu sering Anda gunakan dan akan memberi tahu Anda jika aplikasi tersebut digunakan. Itu juga membatasi aplikasi dari menggunakan izin sensitif seperti lokasi Anda, mikrofon, dan kamera saat berada di latar belakang. Android 11 membatasi akses latar belakang ini meskipun Anda mengaktifkan izin tersebut. Aplikasi dapat menghindari penolakan akses lokasi latar belakang, tetapi hanya dengan izin Anda.

 

Itulah fitur-fitur besar di versi terbaru Android. Kita akan membahas lebih dalam tentang cara kerjanya nanti di ulasan Android 11, tetapi masih banyak lagi yang perlu dibicarakan.


Menambahkan fitur kecil yang sangat penting



Google bekerja keras untuk fitur-fitur marquee Android 11, tetapi ada banyak sentuhan kecil yang membuat semua perbedaan dengan rilis ini. Kami akan menyoroti beberapa fitur menyenangkan lainnya yang dapat Anda lihat di Android 11.

Rekaman layar asli sekarang tersedia di semua perangkat Android 11. Itu dapat merekam layar Anda, bersama dengan audio dan mikrofon perangkat Anda, yang merupakan sesuatu yang tidak dapat Anda lakukan dengan mudah hari ini menggunakan solusi pihak ketiga. Anda juga dapat menggunakan opsi Tampilkan Sentuhan untuk melihat apa yang Anda tekan dan gesek saat merekam.

Menu ikhtisar (menu aplikasi terbaru) menerima desain baru, lengkap dengan pintasan tangkapan layar dan opsi untuk memilih dan berbagi teks dengan cepat.

API IsiOtomatis baru yang dapat menyertakan hal-hal seperti sandi atau nama pengguna Anda, tetapi menyembunyikan informasi sensitif tersebut dari keyboard. Keyboard juga memiliki API baru untuk transisi yang lebih lancar.

Baik pemilih widget dan bagian Gaya & Wallpaper menerima perombakan yang layak. Keduanya lebih mudah digunakan, lebih mudah dibaca, dan terlihat lebih baik secara keseluruhan.

Mode gelap yang dapat dijadwalkan atau diubah masing-masing saat matahari terbenam dan matahari terbit.

Sekarang Anda dapat menyematkan aplikasi ke layar berbagi sehingga Anda tidak terus-menerus menggulir setengah dari daftar Anda mencari Instagram atau Facebook.

Ada juga bukti dukungan perekaman panggilan kembali di beberapa titik, tetapi Google tampaknya terus melakukan lindung nilai untuk benar-benar mengembalikannya. Kami mungkin harus menunggu hingga Android 12 untuk melihat lebih banyak dari itu.

Ini semua adalah fitur Android 11 yang lebih kecil yang mungkin tidak akan digunakan kebanyakan orang setiap hari. Namun demikian, mereka tetap membantu menyempurnakan pengalaman Google Android.

Advertisement