Cara Menghilangkan Folder 3D Objects Windows 10

Cara Menghilangkan Folder 3D Objects Windows 10

- Juni 21, 2020





Update Windows 10 versi Fall Creators menambahkan folder baru bernama 3D Objects ke File Explorer. Bahkan juga muncul di sidebar File Explorer. Dari sini kita bisa tahu bahwa Microsoft sedang mempromosikan Paint 3D dan fitur 3D baru lainnya pada Windows 10. Tidak semua orang paham apa itu objek 3D, dan tidak semua orang menggunakannya. Kita dapat menyembunyikan folder ini jika mau melalui registry.

Cara yang akan kita lakukan ini tidak akan menghapus folder 3d Objects dari PC, tapi hanya tidak ditampilkan. Folder 3D Objects dan isinbya masih dapat diakses di C:\Users\NAMA\3D Objects, di mana NAMA adalah nama akun pengguna Windows Anda.

Menghilangkan 3D Objects dari File Explorer melalui Registry

Untuk memulai, buka Registry Editor dengan mengklik Start, ketikkan regedit, dan tekan Enter. Berikan izin untuk melakukan perubahan pada PC Anda.

Untuk memulai, buka Registry Editor dengan mengklik Start, ketikkan regedit, dan tekan Enter. Berikan izin untuk melakukan perubahan pada PC Anda.


Pertama, buka key berikut di jendela Registry Editor. Anda dapat copy-paste kode baris di bawah ini ke address bar editor.

 HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace



key NameSpace terbuka, cari subkey yang bernama {0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A} di panel kiri. Klik kanan, pilih Delete.



Jika Anda pengguna Windows 32 bit, maka cara ini sudah cukup untuk menghilangkan folder 3D Objects dari komputer Anda. Tapi jika Anda menggunakan Windows 64 bit, maka ada satu langkah lagi yang perlu dilakukan.

Pada Registry Editor, copy kode di bawah ini ke addrses bar.

 HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Wow6432Node\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MyComputer\NameSpace


cari subkey bernama {0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A} di bawah NameSpace di panel kiri. Klik kanan, pilih Delete.




Key Wow6432Node ini hanya ada pada Windows 10 64 bit saja. Jadi jika Windows Anda adalah 32 bit, cukup langkah pertama saja yang perlu dilakukan. Baca artikel tentang Perbedaan Komputer 32-bit dengan 64-bit untuk mengetahui versi mana yang ada pada komputer Anda.

Sudah selesai. Folder 3D Objects akan hilang dari File Explorer, baik di tampilan utama maupun di sidebar kiri File Explorer.




Hidupkan kembali komputer/Laptop untuk melihat hasilnya. 

Jika Anda ingin mengembalikan folder 3D Objects kembali, cukup buat kembali subkey yang Anda hapus di tempat yang sama dan beri nama {0DB7E03F-FC29-4DC6-9020-FF41B59E513A}. Anda tidak perlu menambahkan apa pun di dalam subkey. Asalkan berada di tempat yang benar dengan nama yang benar, folder 3D Objects akan muncul kembali.
Advertisement